Home » » Cara membuat blog di wordpress.com

Cara membuat blog di wordpress.com

Posted by RSB - Rumah Seo Blogger

Sebelum sobat calon blogger semuannya melanjutkan mendaftar di wordpress Perlu kamu ketahui bahwa WordPress terdiri dari 2 jenis yang terpopuler yaitu 

  • WordPress.com 
  • WordPress.org 
Masing-masing mempunyai kebutuhan dan fungsi yang berbeda-beda, disini kita tinggalkan dulu yang WordPress.org kita bahas yang wordpress.com aja dulu, tapi kedepan pasti akan saya bahas juga. 


  • WordPress.com 


WordPress ini sangat saya anjurkan bagi yang baru memulai belajar membat blog. Intinya dari versi wordpress.com ini adalah blog hosting yang disediakan secara gratis dengan mendaftar lewat http://www.wordpress.com. Proses pendaftarannya cukup mudah, Nanti akan kita bahas dibawah. 
Kekurangan dari wordpress.com: ini perlu kamu ketahui bahwa kamu tidak diperkenankan merubah css sebelum kamu meregistrasi di wordpress yang tentunya kita harus membayar. Jangan khawatir karena tampilan bawaan WordPress sudah cukup bagus, dan versi gratisan ini tidak mendukung java script. Bila anda seorang publiser di google AdsSense wordpress.com ini adalah bukan solusi terbaik karena wordpress.com tidak bisa di pasangi script iklan dari AdsSense. 
Udah paham bukan kalau sudah dibawah ini akan saya langsung bagikan Cara Membuat Blog Di Wordpress.com

Cara Membuat Blog Di Wordpress.com 

Pertama yang harus kita lakukan adalah menuju web WordPress di ” https://id.wordpress.com/ “, kita akan menjumpai halaman seperti gambar diatas dan klik tombol ” Buat Situs Web ” maka akan mengantarkan kita pada halaman pemilihan nama domain atau blog seperti gambar dibawah ini.




Pilih yang paling atas yang Subdomain WordPress.com. 


Blog WordPress yang gratis, alamat blognya akan selalu berakhir dengan “.wordpress.com“. Nama domain yang dipilih tidak dapat diubah, sedangkan nama blog yang dipilih pada tahap ini masih dapat diubah nantinya. Maka dari itu pemilihan nama domain dalam membuat blog menggunakan wordpress harus disiapkan secara matang.
Pada halaman ini pastikan alamat atau nama blog yang dipilih masih tersedia, lihat gambar yang telah di area kotak diatas, setelah itu tinggal melanjutkan dengan klik tombol ” Buat Situs Anda dan Lanjutkan ” dan kita akan diarahkan pada halaman berisi formulir untuk membuat blog sekaligus akun WordPress secara gratis seperti gambar dibawah ini.
Isi semua kotak yang ada di atas semua dengan benar, untuk email masukkan email yang masih aktif dan jangan pernah lupa password  yang anda masukkan.  Lihat gambar dibawah. 
Jika semua sudah terisi dengan benar sekarang tinggal klik Buat Akun Saya. Jika sudah Selesai akun anda sudah jadi lihat email anda dan lakukan konfirmasi lihat gambar di bawah. 
 Klik Lanjut untuk melanjutkan.  Dan selesai blog anda sudah jadi, selanjutnya silahkan anda pelajari.
Tutorial RSB-RumahSeoBlogger  di atas menggunakan hp android jika sobat menggunakan laptop atau komputer tutorialnya juga sama aja malah lebih gampang di pahami.

Silahkan anda menjelajahi halaman dashboard ini, semua arahan sudah dalam bahasa indonesia sehingga sangat mudah untuk dipahami, kita dapat mengubah tema blog (desain), menulis post dan halaman, menambahkan pengguna, merevisi profil pengguna dan masih banyak lagi. Pada kesempatan berikutnya akan dibahas bagaimana membuat post, mengatur tema dan lain-lain yang tentunya akan sangat panjang jika dibahas dalam tutorial ini.

Jika sobat ingin membangun blog dengan blogspot anda bisa membaca postingan saya yang sebelumnya Cara Membuat blog dan jika anda masih bingung tentang blog anda bisa membacanya kembali di Apa Itu Blog

Sekian tutorial cara membuat blog di wordpress gratis dan lengkap gambar, Luangkan waktu untuk mengeksplorasi dashboard WordPress ini, dan jangan takut untuk menguji berbagai perangkat dan fitur yang tersedia untuk membantu menyesuaikan blog. 


1 comments:

benny mengatakan...

Nice info