Home » » Cara membuat blog

Cara membuat blog

Posted by RSB - Rumah Seo Blogger

Oke kelanjutan dari postingan saya sebelumnnya kali ini akan saya bahas cara membuat blog.

Karena anda masuk dan membaca artikel saya Cara membuat blog berarti RSB artikan anda adalah sebagai calon blogger yang mencari ilmu tentang membuat blog.
Sebelum anda memulainnya RSB-RumahSeoBlogger ingin sampaikan bahwa yang namanya blog bisa di buat dengan berbagai Platfom, tapi karena kebetulan hanya ada 2 CMS yang paling populer yang saat ini sangat sering digunakan maka RSB-RumahSeoBlogger hanya akan menyediakan 2 tutorial itu saja yaitu.

  1. WordPress - Cara Membuat Blog Di Wordpress.com  (Silahkan Kunjungi) 
  2. Blogspot - Cara membuat blog secara Gratis dengan Blogspot silahkan simak artikel saya di bawah ini. 
Untuk Artikel yang satu ini RSB-RumahSeoBlogger akan memberikan tutorial menggunakan platform blogger atau blogspot dan pada artikel selanjutnya akan RSB bahas khusus untuk yang menggunakan Platform WordPress agar artikel yang diberikan RSB kepada calon blogger dapat di pahami dengan baik dan tidak acak acakan.

Lalu bagaimana langkah-langkah cara membuat blog di blogger? Yuuk simak langkah-langkahnya sebagai berikut :

Langkah-langkah cara membuat blog

Yang paling penting sobat semua harus mempunyai akun email di GMAIL, jika sobat semuanya belum punya silahkan daftar dahulu. Oke RSB-RumahSeoBlogger  anggap sobat semuanya sudah mempunya account Gmail,  NEXT
  1. Buka Link di samping ini Blogger.com
  2. Lalu klik Login di pojok kanan atas, tapi biasannya jika sobat sudah login email di gmail akan otomatis sudah login
  3. Sebelum beralih ke halaman blogger. Terlebih dahulu anda harus memilih profil mana yang anda gunakan. Silakan pilih Buat profil Google+.
  4. Pada halaman selanjutnya, Kemudian klik link Blog baru untuk memulai! (lihat di sebelah kiri). Jika tampilan bahasa di Blogger Anda bahasa Inggris, Anda bisa menggantinya, klik gambar GERIGI di sebelah kanan atas, scroll ke bawah pilih bahasa Indonesia. Tunggu beberapa detik browser Anda akan mereload halaman hingga berubah menjadi bahasa Indonesia.
  5. Kemudian Anda akan di arahkan pada halaman melayang ada 3 kotak JUDUL, ALAMAT DAN TEMPLATE. Nah disini nanti kalian akan menentukan Alamat blog sobat semuannya. Ingat alamat blog tidak bisa diganti jadi masukkan alamat blog sesuai topik yang akan sobat bahas nantinya. 

    Perhatian :

    Dalam beberapa kasus, alamat blog yang mungkin Anda pilih tidak tersedia, maka usahakan Anda memilih alamat (URL) yang 
    unik dan sedikit panjang. Seperti yang sudah saya utarakan di atas, Blogger adalah platform yang populer, tentu alamat (URL) sudah banyak yang menggunakan. Jadi, usahakan yang unik yang mungkin belum dimiliki oleh orang. Anda bisa melihat contoh seperti ini  CaraMembuatRumahSeo (alamat url akan diakhiri dengan blogspot.com). Jika Alamat (URL) Tersedia! Silahkan pilih templat sesuai keinginan Anda. Kemudian klik link Buat Blog.
Pada tahap ini blog Anda sudah jadi dan siap untuk pengeposan. Klik pada link Entri Baru (sebelah kiri atas) untuk memulai membuat postingan!

Baca juga : Mempelajari Dashboard blogspot

Memulai Menulis Postingan Baru

Setelah blog baru Anda siap, saatnya Anda memulai membuat postingan baru. Jangan lupa baca dulu Tips Menulis Artikel Yang SEO Friendly karena disini hal terpenting. 

perhatikan poin demi poin untuk memulai membuat postingan dengan sempurna.
  • Poin pertama; Buatlah judul yang ingin Anda bahas, Contoh seperti judul artikel saya ini,  cara membuat blog tuliskan di kolom ENTRI
  • Poin kedua: Mulai membuat artikel. silahkan menulis di kotak paling besar yang tersedia sesuai apa yang ingin Anda bahas, Tetap di ingat Tulislah sesuai dengan judul yang anda masukkan di ENTRI tadi jangan keluar dari pembahasan yang ada di topik. 
  • Poin ketiga; Buat label. memberi label bertujuan untuk mengelompokan artikel yang masih terkait dengan postingan blog Anda biar pengunjung nantinya tidak kebingungan mencari artikel yang dia cari.  Sebagai contoh label saya Teknik SEO jadi hannya ada tips seo saja di dalamnya tidak bercampur dengan lebel saya yang lain contoh label yang lain  Tutorial BLOGGER di dalam label saya BLOGGER tidak akan ada artikel saya tentang Teknik SEO
  • Poin kelima: Publiskan. Jika artikel Anda sudah selesai Anda bisa langsung mempubliskan atau lihat Pratinjau dulu sebelum mempubliskan artikel.
  • Poin keenam: Simpan. Jika Anda belum selesai menulis artikel dan ingin meneruskan di kemudian hari, simpan terlebih dahulu di draf dengan cara klikSimpan.
Untuk memulai membuat artikel kembali, caranya sama dengan yang pertama dengan mengklik Entri Baru setiap ingin menulis artikel baru, semoga bermanfaat dan dapat membantu sobat semuannya. 
Jangan takut untuk Terus Berkreasi Salam RSB-RumahSeoBlogger


0 comments:

Posting Komentar

Jangan membuang waktu Anda jika hanya untuk melakukan "spam" di Blog RSB-RumahSeoBlogger ini. Karena, komentar yang Anda tuliskan menunjukkan tingkat kualitas diri Anda menjadi seorang Blogger.


Salam blogger